Iklan

Iklan

Tunggakan Sewa Kios Capai 3 Miliar, Ratusan Pedagang Pasar Kliwon Kudus Diminta Segera Lunasi

Selasa, 19 April 2022, 19.41.00 WIB Last Updated 2022-04-19T12:41:32Z

Pembaharuan.com,KUDUS-Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus meminta para pedagang di Pasar Kliwon Kudus, usai lebaran nanti segera melunasi tunggakan biaya restribusi Pemakaian Kekayaan Daerah (PKD) atau sewa kios yang mencapai Rp 3 miliar.


 

Pasar Kliwon Kudus. (Foto : dok)

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti,beberapa waktu lalu menuturkan, pihaknya sudah berupaya menagih para pedagang yang menunggak, mulai dengan bersurat, ancaman pencabutan surat izin pendasaran hingga penempelan stiker bertuliskan "Belum Membayar Retribusi PKD".

 

"Nilai tunggakan tersebut sudah berkurang, karena sebelumnya bisa mencapai Rp7 miliar. Kami minta setelah Lebaran para pedagang segera melunasinya karena omzet penjualan mereka saat ini juga melonjak," ujar Sudiharti.

 

Setelah Lebaran 2022, imbuhnya, timnya akan diterjunkan untuk menagih tunggakan tersebut.

 

Sementara, Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto menambahkan, nilai tunggakan dari masing-masing pedagang bervariasi karena sebelumnya ada yang mencapai puluhan juta menyusul menunggaknya cukup lama.

 

Pedagang yang menunggak, ada yang beralasan belum memiliki uang dan ada yang berpegangan pada surat Hak Guna Bangunan (HGB) hingga tahun 2021, meskipun statusnya berakhir pada tahun 2016.

  

Akan tetapi, efektif penarikan sewa kios dilakukan tahun 2018 setelah para pedagang menandatangani surat perjanjian sewa.

  

Adapun tarif sewa kios maupun ruko per meter persegi Rp 500 per meter persegi per hari, sedangkan los sebesar  Rp 250 per meter persegi per hari. 

 

Pasar Kliwon Kudus yang menjadi pusat perbelanjaan masyarakat Kudus hingga luar kota tersebut memiliki 36 ruko, 863 kios dan 1.356 los dengan jumlah total pedagang mencapai 2.500 pedagang. (rere/nug)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tunggakan Sewa Kios Capai 3 Miliar, Ratusan Pedagang Pasar Kliwon Kudus Diminta Segera Lunasi

Terkini

Topik Populer

Iklan