Iklan

Iklan

Bangkitkan Kreativitas, Pelajar SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Pati Gelar Karya P5 dan Bazar Kreasi

Sabtu, 11 Maret 2023, 15.29.00 WIB Last Updated 2023-03-11T09:22:48Z
www.pembaharuan.com, PATI – Untuk menumbuhkan kreativitas dan jiwa kewirausahaan bagi para pelajar. SD IT Abu Bakar Ash Shidiq Pati mengadakan Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profile Pelajar Pancasila) dan Bazar Kreasi, Sabtu, (11/3/2023). 

Pelajar SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Pati mengenakan pakaian adat dalam gelar karya P5 dan bazar kreasi di sekolah tersebut, Sabtu (11/3/2023).

Selain karya kreasi berupa aneka kerajinan dan makanan. Kegiatan tersebut juga menampilkan berbagai pertunjukan dari berbagai kelas hingga semakin membuat meriah acara tersebut.

Koordinator Bidang Kurikulum SD IT Abu Bakar Ash Shidiq Pati, Dina Noor Aeni mengungkapkan. Tujuan dari acara ini selain untuk mengasah ketrampilan para siswa juga untuk melatih anak-anak didik untuk mengenal dan melestarikan budaya lokal. Terutama batik dan budaya lainya di indonesia. 

“Kegiatan ini bertemakan kearifan lokal dan kewirausahaan. Jadi kita melatih mereka untuk percaya diri berani tampil didepan orang banyak dan melatih kewirausahaan dengan cara mengolah dan memanfaatkan bahan-bahan yang merupakan sampah atau limbah menjadi produk yang memiliki nilai jual,” ungkapnya.

Dina Noor Aeni menjelaskan, kegiatan ini adalah puncak dari proyek yang sudah dilakukan anak-anak selama satu semester dari kelas 1 dan kelas 4. Untuk proyek kelas 1 adalah pembuatan batik jumputan yang mana batik itu dibuat di kaos yang nanti produknya adalah kaos tie dye.

“Juga ada pembuatan ekobrik, yakni pengolahan sampah plastik yang kemudian dipotong kecil yang dimasukkan kedalam botol dan nantinya botol tersebut dikreasikan menjadi karya seni yang memiliki nilai,” jelasnya.

Sementara itu untuk kelas 4, yaitu pembuatan batik canting menjadi taplak meja. Kemudian pengolahan limbah minyak jelantah menjadi sabun. Namanya sabun mijel yang mana fungsinya untuk membersihkan alat-alat dan kain yang kotor. 
“Selain itu, ada juga bazar kreasi. Yang menjual produk dari masing-masing kelas yakni olahan-olahan makanan dari pisang, ketela, dan kentang,” imbuhnya.

Berbagai stand makanan dan kerajinan memeriahkan gelar karya P5 dan bazar kreasi SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Pati.

Kemudian untuk kreasinya hasil karya siswa dan pementasan dimeriahkan dengan siswa/sisiwi yang menggunakan pakaian adat  yang menampilkan seni tari, musik, beladiri, suara, puisi dari kelas 1 hingga kelas 6 dan pementasan dalang cilik dari kelas 6.

“Untuk kurikulum merdeka kelas 1 dan 4 acara ini baru diadakan tahun ini. Namun untuk bazar kreasi selalu diadakan setiap tahun. Jadi disini memang sudah menerapkan 2 kurikulum, untuk kelas 1 dan 4 itu kurikulum merdeka sedangkan untuk kelas 2,3,5,6 itu ikut di kurikulum 13,” pungkasnya.(din/mel)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bangkitkan Kreativitas, Pelajar SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Pati Gelar Karya P5 dan Bazar Kreasi

Terkini

Topik Populer

Iklan