Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN UPGRIS Beri Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair

Selasa, 31 Januari 2023, 18.01.00 WIB Last Updated 2023-01-31T11:48:59Z

 

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPGRIS dari kelompok 42, yang sedang memberikan sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organik cair.


Pembaharuan.com, JEPARA -  Bertempat di Balai Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, pada Senin (30/1/2023). Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPGRIS dari kelompok 42 mengadakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organik cair kepada masyarakat setempat.


Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyadarkan masyarakat, bagaimana mengolah sampah atau limbah rumah tangga menjadi pupuk organik cair yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

 

“Adanya penyadaran ini membantu ibu rumah tangga, khususnya agar meningkatkan kreativitas dalam pengolahan serta pemilahan sampah atau limbah rumah tangga. Agar menjadi barang yang bisa digunakan kembali,” kata Pengisi Materi Fajar.

 

Selain itu, pupuk organik cair (POC) merupakan larutan hasil pembusukan bahan organik yang berasal dari kotoran hewan, sisa tanaman dan manusia.

 

“Pupuk organik cair dapat dibuat dari beberapa jenis sampah organik berupa sampah sayur baru, sisa sayuran basi, sisa nasi, sisa ikan, ayam, kulit telur, sampah buah seperti anggur, kulit jeruk, apel dan lain-lain. Ada pun media utama yang digunakan seperti efektif mikroorganisme 4 dan molase,” jelasnya.

 

Antusias warga, lanjut Fajar, terutama ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan kelompok tani sangat baik, terlihat dari selama rangkaian acara berlangsung.

 

“Mereka mengikutinya antusias sekali, salah satunya dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh ibu-ibu PKK. Karena dengan adanya pelatihan seperti ini, menjadi sebuah kegiatan yang positif dan menjadikan warga desa sendiri lebih berinovasi,” ungkapnya.

 

Fajar bersama Mahasiswa KKN UPGRIS berharap, dengan adanya sosialisasi dan pelatihan pupuk organik cair. Seperti ini, menjadi sebuah ide usaha dan juga menjadi alternatif kebutuhan pupuk untuk penanaman skala kecil ataupun skala besar. (din/pop)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa KKN UPGRIS Beri Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair

Terkini

Topik Populer

Iklan