Iklan

Iklan

Meriah, Kirab Haul Sunan Prawoto Jadi Daya Tarik Wisata

Rabu, 08 Februari 2023, 11.32.00 WIB Last Updated 2023-02-08T04:41:58Z

Pembaharuan.com, PATI – Setelah beberapa tahun ditiadakan lantaran adanya pandemi covid-19. Pemerintah Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati kembali mengadakan Kirab Haul Sunan Prawoto alias Raden Bagus Hadi Mukmin, Selasa (7/2/2023).


Puluhan Patung Raksasa ditampilkan dalam Kirab Haul Sunan Prawoto.

Ribuan masyarakat pun sangat antusias menyaksikan rombongan kirab. Mereka berjajar di sepanjang jalan desa. Acara kirab dimulai sekitar pukul 14.00, dan diikuti sebanyak 2.000 peserta. Ada sejumlah grup marching band, busana carnival, barongan, hingga replika hewan raksasa.

 

PJ Bupati Pati yang diwakili oleh Kepala Dinporapar Kabupaten Pati Rekso Suhartono mengatakan. Dengan adanya kirab ini, akan menjadi magnet untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Pati khususnya di Desa Prawoto.

 

“Kita harus bangga dengan tradisi ini, dan semoga kegiatan ini terus bisa diadakan setiap tahun, nanti kita tata bersama. Semoga dengan acara ini ekonomi di masyarakat Prawoto menjadi lebih maju. Apalagi di sini juga banyak destinasi wisata. Seperti sendang, dan makam,” katanya.


Menggunakan jeep, Kepala Desa Prawoto Achmad Hyro Fachrus bersama istri Siti Maudlu'ah mengikuti Kirab Haul Sunan Prawoto.

Sementara itu, Kepala Desa Prawoto Achmad Hyro Fachrus mengungkapkan, kirab ini dihadiri perwakilan dari Keraton Surakarta, para pemangku auliya, dan dinas terkait.

 

"Kami berharap kirab yang sudah menjadi tradisi di desa ini bisa terus dilestarikan. Dan bisa turut meningkatkan perekonomian warga desa," paparnya.

 

Diketahui, Prawoto adalah desa di kecamatan Sukolilo, Pati Jawa Tengah. Di Desa ini dimana sang Waliyuloh Sunan Prawoto di makamkan. Selain dikenal sebagai desa wisata religi, di desa tersebut juga memiliki banyak wisata alam, seperti sendeng jibeng dan widodaren.(*/din/mel)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Meriah, Kirab Haul Sunan Prawoto Jadi Daya Tarik Wisata

Terkini

Topik Populer

Iklan