Iklan

Iklan

Pengerukan Sungai Juwana Solusi Jangka Pendek

Selasa, 29 Oktober 2019, 10.34.00 WIB Last Updated 2021-04-16T07:12:42Z
Perlu Diikuti Penataan Daerah Penyangga


Margorejo,PEMBAHARUAN.COM-Upaya pemerintah menangani banjir sekaligus mengembalikan fungsi Sungai Juwana dengan normalisasi alur untuk mendukung pertanian bukanlah merupakan solusi. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi C DPRD Pati Siti Maudlu’ah.

Perlu program terpadu untuk mengatasi hal tersebut, karena menurutnya normalisasi hanya solusi jangka pendek. Jika daerah hulu dibiarkan maka pengerukan Sungai Juwana menjadi hal yang percuma, dan pemborosan anggaran

Jajaran Komisi C DPRD Pati melakukan kunjungan lapangan ke alur Sungai Juwana di Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo. (ama hita)

“Kalau hanya normalisasi dan pengerukan sungai tidak akan bertahan lama. Sedimentasi akan cepat kembali menumpuk jika daerah hulu atau penyangga, kondisi hutannya rusak. Kami memandang perlu ada reboisasi dan konservasi daerah hulu, dan ini harusnya menjadi program prioritas,” terangnya di sela-sela kunjungan ke alur Sungai Juwana yang melintas di Desa Jambean Kidul Kecamatan Margorejo, Senin (27/10).

Kondisi Sungai Juwana belakangan ini cukup memprihatinkan. Sungai yang membelah wilayah Kabupaten Pati tersebut selain tidak optimal menjadi sumber air untuk mendukung pertanian saat kemarau, juga sering melimpas dan mengakibatkan banjir. Belum lagi intrusi air laut yang sering terjadi.

Pemerintah sendiri menggelontorkan anggaran sebesar Rp. 100 miliar lebih untuk normalisasi dalam dua tahun anggaran. Alokasi anggaran normalisasi pada 2019 sebesar Rp. 40 miliar.

“Pemerintah pusat pada 2020 nanti sudah mengalokasikan Rp. 96 miliar. Ini terus kami kawal agar tidak lepas,” imbuh Maudlu’ah yang turun langsung ke lapangan bersama seluruh anggota Komisi C.

Komisi C DPRD Pati juga berharap Pemkab Pati memberikan dukungan dengan mengupayakan reboisasi dan konservasi, serta ikut ambil bagian dalam mengatasi permasalahan sosial yang timbul saat normalisasi Sungai Juwana berlangsung.

“Anggaran besar yang sudah dialokasikan Pemerintah Pusat kami rasa akan menjadi tidak efektif jika tidak dibarengi dengan merawat dan memperbaiki kondisi di kawasan hulu. Kondisi hutan di hulu yang rusak, akan mempercepat sedimentasi Sungai Juwana,” pungkasnya. (ama)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengerukan Sungai Juwana Solusi Jangka Pendek

Terkini

Topik Populer

Iklan