Iklan

Iklan

Angkat Kesenian Tradisional, Endro Dwi Cahyono Gelar Pementasan Ngaji Wayang Nusantara

Kamis, 10 Februari 2022, 18.44.00 WIB Last Updated 2022-02-10T11:44:50Z

Pembaharuan.com, PATI – Untuk mengangkat kembali kesenian tradisional yang semakin terpinggirkan. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Endro Dwi Cahyono, menggelar pementasan Ngaji Wayang Nusantara, Kamis (10/2/2022) siang.


Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Endro Dwi Cahyono menyerahkan wayang secara simbolis kepada dalang Ilham Supriyanto.

Bertempat di Rumah Makan Saptorenggo Baru, Pati. Pementasan tersebut dibawakan secara apik oleh dalang Ilham Supriyanto bersama dalang cilik Hammam Haidar dengan lakon “Sirnaning Ampak-Ampak Pandawa”.

 

“Pagelaran Ngaji Wayang Nusantara ini sebagai komitmen membantu pelaku seni untuk tetap bertahan dalam kondisi sulit. Selain itu juga untuk mengangkat kembali kesenian lokal yang kini terpinggirkan oleh gempuran budaya modern yang sudah merasuki generasi milenial,” ungkap Endro dalam acara tersebut.

 

Endro yang juga politisi dari Partai PDI Perjuangan tersebut menambahkan. Kesenian tradisional perlu ditampilkan dengan inovasi tertentu namun tidak merusak substansi aslinya. Langkah ini agar pementasan seni tradisional lebih atraktif dan kian diminati.

 

“Kami tampilkan kesenian seperti Ngaji Wayang Nusantara ini. Ada inovasi, ada budaya, ada syiar agama juga. Menarik dan tidak monoton. Saya harap hal semacam ini juga dilakukan pegiat seni yang lain. Memodifikasi tanpa merusak substansi,” harapnya.(din/pop)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Angkat Kesenian Tradisional, Endro Dwi Cahyono Gelar Pementasan Ngaji Wayang Nusantara

Terkini

Topik Populer

Iklan