Iklan

Iklan

Warga Rogowangsan Pati Adakan Sedekah Bumi Dengan Sederhana

Kamis, 19 Agustus 2021, 21.30.00 WIB Last Updated 2021-08-19T14:30:41Z

 

Warga mengadakan doa bersama atau sedekah bumi di Punden Rogowangsan.(FOTO ; DINDA KURNIA A)
 

Pembaharuan.com, PATI – Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi, kesehatan, serta keselamatan kepada masyarakat setempat.

 

Upacara ini sebenarnya sangat populer di Indonesia, khususnya di Kabupaten Pati Jawa Tengah. Salah satunya yang masih terus melestarikan budaya ini adalah Kampung Rogowangsan di Kelurahan Pati Kidul.

 

Warga Kampung Rogowangsan, Fatoni mengatakan sedekah bumi di tempatnya memang diadakan setiap tahun yakni setiap malam 10 suro. Yang mana warga mengadakan doa bersama atau sedekah bumi di Punden setempat.

 

“Meskipun di tengah PPKM, tidak menghalangi semangat warga untuk adakan sedekah bumi. Ini karena sudah adanya tradisi dan adat yang setiap tahun dilakukan atau diperingati,” katanya saat ditemui usai acara, Rabu (18/8/2021).

 

Dirinya menjelaskan, dalam sedekah bumi Rogowongsan ada dua tempat. Yakni di Mbah Santri dan di Mbah Rogowangso yang mana mereka adalah sesepuh di desa ini.

 

“Sedekah bumi ini dibagi menjadi dua tempat yaitu di Mbah Santri dan Mbah Rogowangsan, karena sama - sama sesepuh desa ini. Semoga dengan terus melestarikan budaya Desa Rogowangsan menjadi kampung yang aman, sejahtera, bahagia, dan tidak ada masalah,” pungkasnya.(din/mel)

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Rogowangsan Pati Adakan Sedekah Bumi Dengan Sederhana

Terkini

Topik Populer

Iklan